twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Setiap saat disadari atau tidak, disengaja atau tidak, berbagai permasalahan datang dan tersimpan dalam hati. Terkadang membuat dada sesak dan kepala penat. Mungkin permasalahan yang Anda hadapi mirip atau pernah dialami rekan yang lain. Melalui blog konsultasi psikologi ini diharapkan Anda menemukan jawaban yang menjadi solusi atau pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Konsultasi Psikologi Update:

Tulis Topik Permasalahan Anda

Kemana Rasa PDku?

Permasalahan:

Saya laki-laki 28 tahun, bekerja di BUMN. Saat ini saya dituntut orang tua untuk secepatnya menikah karena adik saya akan menikah dalam waktu dekat. Saya nomor delapan dari sembilan bersaudara. Saya tidak pernah mempunyai pacar, walaupun kadang ingin juga merasakan bagaimana sih rasanya punya pacar. Sebenarnya teman-teman wanita saya banyak, saya kuliah lagi dan hampir 70 persen teman kuliah wanita.

Saya tidak tahu apa yang terjadi pada diri saya. Sudah mencoba mendekati wanita teman saya, tetapi pasti akan terjadi suatu hal yang sama ketika saya mencoba mendekatinya, saya menjadi tidak tertarik. Bu, ini bukan karena fisiknya tidak cantik, ada yang pramugari (pukul rata, mana ada pramugari yg tidak cantik).

Satu hal lagi, saya sangat tertarik pada wanita ketika berkomunikasi tetapi tidak ketika bertatapan langsung. (Pernah ada teman beremail ria saya, mengajak menikah & saya tolak karena belum pernah ketemu, ketika dia mengajak bertemu saya tidak mau, akhirnya dia menikah dengan orang lain. Sepertinya ini tidak menjadi masalah bagi saya ketika dia berniat menikah dengan orang lain).

****************


Jawaban:

MD yang kurang percaya diri,
Kesan saya Anda seseorang yang memiliki rasa rendah diri yang cukup mengganggu. Anda selalu hidup dalam dilema karena di satu sisi senang wanita yang cantik, (yang tampak biasa tidak disebut-sebut), tapi Anda tidak cukup percaya diri untuk mendampingi wanita yang berparas menarik. Camkan apa sebenarnya dasar dari perasaan rendah diri itu, apakah Anda terlalu menuntut kesempurnaan pada diri Anda, seperti halnya pada wanita- wanita yang menarik hati Anda.

Terimalah diri Anda apa adanya. Manusia diciptakan sempurna dan mulia. Terjunlah ke dalam suatu hubungan tanpa berfikir dan menganalisa terlalu mendalam nikmati apa adanya dan siapa tahu jodoh kalau bukan juga tidak jadi apa-apa namanya juga sedang belajar gaul. Selamat menjalankan.


Pamugari Widyastuti
Staf Bagian Klinis & Konseling, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Sumber : Kompas cybermedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin