twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Setiap saat disadari atau tidak, disengaja atau tidak, berbagai permasalahan datang dan tersimpan dalam hati. Terkadang membuat dada sesak dan kepala penat. Mungkin permasalahan yang Anda hadapi mirip atau pernah dialami rekan yang lain. Melalui blog konsultasi psikologi ini diharapkan Anda menemukan jawaban yang menjadi solusi atau pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Konsultasi Psikologi Update:

Tulis Topik Permasalahan Anda

Menjaga Hati

Permasalah :

Dulu sebelum memutuskan untuk berhijab, mayoritas teman-teman saya adalah laki-laki. Dan rupanya kebiasaan itu masih sulit untuk sepenuhnya saya tinggalkan. Meski tidak sedekat dulu, tetap saja dibanding teman-teman akhwat saya yang lain, teman-teman saya yang laki-laki termasuk paling banyak.

Mereka memang tidak pernah macam-macam, dan cukup menghargai jilbab saya. Malah saya justru seringkali mereka jadikan tempat curhat, tempat bertanya berbagai macam masalah. Tetapi bagaimanapun antara laki-laki dan perempuan, meskipun saya berusaha untuk tidak memberi harapan apa-apa, tetap saja ada di antara mereka yang akhirnya mengatakan kalau mereka suka pada saya.

Alhamdulillah saya sudah berprinsip tidak akan berpacaran sebelum menikah dan Insya Allah prinsip itu masih saya pegang hingga saat ini. Namun saya takut jika godaan itu terus datang, ketika saya sedang futur di saat itu setan akan mampu mengalahkan saya. Saya bingung harus bagaimana. Di satu sisi saya tidak ingin memutus pertemanan dengan mereka, namun di sisi lain saya khawatir jika pertemanan itu justru merobohkan iman saya. Mohon diberikan solusi.

***************



Jawaban :

Ananda Tri, berinteraksi dengan berlainan jenis apalagi dengan frekuensi yang sering lambat laun biasanya akan ada hal-hal yang mengikutinya. Seperti rasa suka bahkan perubahan fisk dan penampilan.

Oleh karena itu Islam membatasi interaksi lawan jenis karena seperti yang Anda katakan bahwa nantinya hawa nafsulah yang bermain. Mungkin Anda masih dapat bertahan tetapi teman Anda? Dan seberapa lama Anda dapat bertahan?

Mulailah Anda merubah lingkungan. Sibukkan diri Anda dalam lingkungan yang banyak muslimahnya. Dengan demikian di samping terhindar dari pontensi kemaksiatan, hal ini pula Anda menambah semangat Anda dalam beramal sholeh.

Berproseslah untuk membatasi pergaulan dengan laki-laki. Dan Anda juga dapat mengungkapkan permasalahan ini dengan tema laki-laki Anda dan mereka pasti dapat memahaminya.

Menikahlah. Dengan menikah Anda telah memberikan batasan kepada teman-teman Anda dan dapat pula melindungi Anda dari robohnya iman Anda dan tetap memperkokoh pertemanan Anda.

Semoga bermanfaat


Satria Hadi Lubis

Sumber : EraMuslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin