twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Setiap saat disadari atau tidak, disengaja atau tidak, berbagai permasalahan datang dan tersimpan dalam hati. Terkadang membuat dada sesak dan kepala penat. Mungkin permasalahan yang Anda hadapi mirip atau pernah dialami rekan yang lain. Melalui blog konsultasi psikologi ini diharapkan Anda menemukan jawaban yang menjadi solusi atau pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Konsultasi Psikologi Update:

Tulis Topik Permasalahan Anda

Mantan Narapidana

Permasalahan :

Bagaimana cara menghadapi penerimaan masyarakat yang keras terhadap saya (bekas narapidana). Apakah memang begitu masyarakat dalam menerima bekas narapidana, terkesan tidak mengacuhkan atau membuangnya.

***************



Jawaban:

Kembali ke suatu lingkungan masyarakat memang tidak mudah sesudah meninggalkannya sekian lama, tanpa ada kontak dan keterlibatan secara wajar. Terlebih bila kebetulan terlibat dalam suatu permasalahan dengan pribadi atau lembaga yang ada di lingkungan tersebut. Meskipun Anda mungkin tidak menjabat suatu posisi dalam masyarakat tetapi secara psikologis Anda pasti merasa, tidak ikut langsung dalam perkembangan lingkungan tersebut.

Dengan demikian, Anda merasa asing terhadap lingkungan yang dimasuki sebelum terpisah. Karena Anda tidak menjelaskan lebih rinci tentang kejadiaan yang dialami, sulit untuk memberikan penjelasan tentang proses penyesuaian yang akan terjadi. Secara umum hanya dapat dikatakan bahwa setiap anggota masyarkat atau lingkungan manapun memang tertata oleh aturan yang telah disetujui anggota lingkungan tersebut. Semakin majemuk dan besar suatu lingkungan maka norma dan aturan yang ada semakin baku dan tertera dalam hukum yang disahkan melalui proses berstandar nasional maupun internasional.

Secara psikologis terjadi juga pengaruh timbal balik dari pribadi dengan anggota lain dalam lingkungan itu. Interaksi antar pribadi diatur oleh kebiasaan setempat sampai tersusun hukum pidana dan pranata yang berlaku. Bila terjadi pengalaman yang mengharuskan adanya sangsi peradilan, secara psikologis yang tekena langsung adalah pelaku, keluarga dan orang-orang lain yang secara emosional dekat karena pengalaman kerja atau kontak bersama selama bertahun-tahun.

Dengan demikian, masalah penyesuaian kembali merupakan proses timbal-balik oleh semua fihak: individu, keluarga, lingkungan terdekat, handai taulan dan sebagainya. Semuanya ini membutuhkan selain waktu juga proses.


Pamugari Widyastuti

Sumber : Kompas Cybers Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin