twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Setiap saat disadari atau tidak, disengaja atau tidak, berbagai permasalahan datang dan tersimpan dalam hati. Terkadang membuat dada sesak dan kepala penat. Mungkin permasalahan yang Anda hadapi mirip atau pernah dialami rekan yang lain. Melalui blog konsultasi psikologi ini diharapkan Anda menemukan jawaban yang menjadi solusi atau pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Konsultasi Psikologi Update:

Tulis Topik Permasalahan Anda

Planning Bisnis Sambil Kuliah

Permasalahan :

Saya herman mahasiswa yang sekarang insya 4JJI akan masuk disalah satu perguruan tinggi negri di Yogyakarta. Mengingat biaya kuliah yang cukup mahal, maka saya ingin mendapatkan arahan kepada bapak yang kira-kira model bisnis yang seperti apa yang sebaiknya saya geluti. Karna saya ingin kuliah saya tetap nomor 1, karena orang tua mengharapkan kuliah cepat selesai dengan waktu secepatnya dengan nilai yang terbaik sekaligus memiliki usaha yang mapan sebelum kuliah selesai.

Akhir kata, besar harapan saya agar kedua-duanya tercapai dan berjalan sesuai dengan rencana. Sejujurnya rencana untuk berbisnis sambil kuliah orang tua tidak menyetujui. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih. Wassalam


***************



Jawaban :

Kuliah sambil berbisnis, memang sebuah kalimat yang cukup indah, seindah tantangan yang harus dihadapinya. Mengapa? Karena kedua-duanya membutuhkan ketekunan, keuletan dan manajemen waktu yang baik.

Itulah mungkin yang dapat dipahami bilamana terdapat keberatan dari orang tua Anda, karena bila salah langkah dalam penerapannya bukan hanya satu yang akan terkalahkan namun dapat pula kedua-duanya tidak Anda dapatkan.

Cobalah Anda berpikir ulang, di antara bisnis dan kuliah, mana yang menjadi prioritas Anda? Seberapa penting bisnis bagi kuliah Anda? Apa pengalaman bisnis apa yang telah Anda lakukan?

Melihat bahwa bisnis yang Anda rencanakan belum menjadi bagian yang urgent khususnya dalam proses kuliah Anda, ada baiknya Anda menundanya hingga kuliah Anda selesai.
Kalaupun ada peluang Anda untuk berbisnis, carilah bisnis-bisnis yang sifatnya insidental atau sampingan. Usaha yang tidak memakan waktu kuliah Anda, tidak mengganggu keuangan serta tidak mengganggu prioritas pertama Anda yakni Kuliah. Jadikan usaha ini hanya sebagai proses belajar untuk usaha yang lebih serius.

Tiada salahnya harapan orang tua kita wujudkan sebagai bukti rasa bakti kita terhdap orang yang telah merawat kita dari kecil. Dan bukankah keinginannya juga semata-mata untuk kebaikan kita juga?

Wallahu'alam


Satria Hadi Lubis
Source : EraMuslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin