twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Setiap saat disadari atau tidak, disengaja atau tidak, berbagai permasalahan datang dan tersimpan dalam hati. Terkadang membuat dada sesak dan kepala penat. Mungkin permasalahan yang Anda hadapi mirip atau pernah dialami rekan yang lain. Melalui blog konsultasi psikologi ini diharapkan Anda menemukan jawaban yang menjadi solusi atau pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Konsultasi Psikologi Update:

Tulis Topik Permasalahan Anda

Beda Cara Mendidik Anak

Permasalahan :

Assalamu'alaikum wr wb,
Aa Gym, saya memiliki masalah serius terkait cara mendidik anak. Saya dan suami memiliki perbedaan mendasar. Saya berusaha memberikan didikan terbaik dengan menekankan disiplin serta aturan-aturan yang saya pandang baik. Sedangkan suami justru kebalikannya, ia sangat memberikan kebebasan kepada anak. Saya tidak bisa seperti itu, saya tidak ingin anak-anak jauh dari nilai-nilai agama. Saya sadar bahwa kami berdua memiliki latar belakang berbeda, sehingga berbeda pula cara menyikapi suatu masalah. Kerena masalah ini, kami jadi sering bertengkar. Bagaimana baiknya ya Aa? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalam,
Ibu R di Bandung


***************




Jawaban :

Wa'alaikumussalam wr wb,
Salah satu kunci sukses membangun keluarga adalah terjalinnya komunikasi yang baik. Tanpa komunikasi yang baik, saling pengertian dan kerjasama akan sulit tercapai. Jika kondisinya seperti ini, ada baiknya ibu bisa memahami kondisi suami. Beliau juga ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya, hanya caranya berbeda. Karena itu, jangan dilawan atau sama-sama keras. Endapkan dulu permasalahan. Selanjutnya masuk secara perlahan, sedikit demi sedikit untuk meyakinkan suami. Berdialoglah secara baik menyenangkan. Insya Allah suami pun akan lebih terbuka. Sangat baik jika suami istri mencari jalan tengah yang menguntungkan semua pihak. Perbanyak pula belajar dan mencari ilmu atau wawasan agar kita lebih terampil mendidik anak. Yang tak kalah penting, tingkatkan kualitas ibadah, perbanyak doa agar Allah SWT membukakan pintu hidayah dan kebaikan. Semoga Allah Yang Mahamulia mengaruniakan sakinah serta kemudahan kepada ibu sekeluarga. Amin


(KH Abdullah Gymnastiar)

Sumber : Republika Online

1 komentar:

  1. assalamualaikum aa'..
    saya mengalami masalah dalam membesarkan ponakan yang yatim.
    jujur cara sy dibesarkan juga ditengah keluarga yg berantakan, sehingga saya besar dg rasa ketidak percayaan ortu saya kepda saya dalam memilih teman bergaul.
    saya benar-benar taku a' memberikan pendidikan yang salah terhadap ponkanan saya...
    ibu saya masih bersikap negatif juga kepda teman-teman ponakann saya, seperti yg saya alami sejak kecil.
    apa yang harus saya lakukan ya a'???
    saya tdk ingin tumbuh kembali pemuda seperti jiwa saya....

    mohon share untuk masalah yg saya hadapi...

    Terima Kasih.

    Wasaalamualaikum...

    BalasHapus

Blog Widget by LinkWithin